PT.CLM Tidak Mengacu Dengan Kaidah-Kaidah Pertambangan Sesuai Permen ESDM no.26 Tahun 2018

PT.CLM Tidak Mengacu Dengan Kaidah-Kaidah Pertambangan Sesuai Permen ESDM no.26 Tahun 2018

0 0
Spread the love
Read Time:2 Minute, 29 Second

Indonesia Timur INFONAWACITA.or.id LUTIM Mengenai tanggapan yang di keluarkan Direktur External PT.CLM Ismail Achmad,Minggu (07/03/2021)

Ketua Aliansi Rakyat Miskin Lingkar Tambang Kab.Malili Mahyuni menanggapi kembali terkait pernyataan Direktur External PT.CLM Ismail Achmad,bahwa apa yang di berita melalui media Batarapos.com mengatakan bahwa itu betul tetapi harus melihat berdasarkan Permen ESDM,ujar Mahyuni ketua ARMLT Malili.

Diketahui areal Pertambangan PT.CLM dalam melaksanakan usaha pertambangan di Areal Hutan Produksi Terbatas (HPT) telah mengantongi Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).”

Mengenai terkait dengan tanggapan diatas Ketua Forum Aliansi Rakyat Miskin Lingkar Tambang yang berkedudukan di Malili Mahyuni mengatakan kepada media Infonawacita.or.id

Sehubungan dengan aktivitas pertambangan secara otomatis perusahaan tersebut memiliki dan mengantongi ijin IPPHK pertambangan,akantetapi bukan berarti mengindahkan atau dengan sengaja tidak mau tau bahwa di sekitar area ada manusia nya atau masyarakat yg mengantungkan hidup-Nya di area tersebut.Punglas Mahyuni selaku Ketua Forum ARMLT Malili.

Yang sesuai dengan keputusan Menteri ESDM menetapkan Permen ESDM Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Kaidah Pertambangan yang Baik dan Pengawasan Pertambangan.

Setiap perusahaan tambang wajib memiliki kaidah Good Mining Practice dalam melakukan operasi pertambangan dari awal hingga akhir. Good Mining Practice merupakan kaidah penambangan yang baik dan turut berkontribusi dalam menaati aturan, terencana dengan baik, menerapkan teknologi yang sesuai yang berlandaskan pada efektifitas dan efisiensi, melaksanakan konservasi bahan galian, mengendalikan dan memelihara fungsi lingkungan, menjamin keselamatan kerja, mengakomodir keinginan dan partisipasi masyarakat, menghasilkan nilai tambah, meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan masyarakat sekitar ,serta menciptakan pembangunan yang berlanjutan.

Kaidah Good Mining Practice pada dasarnya menjalankan operasional pertambangan dari tahap eksplorasi endapan deposit mineral yang dilakukan dengan studi kelayakan (feasibility study) dan berakhir pada tahap reklamasi dan revegetasi lahan pasca tambang. Operasi penambangan yang dilakukan tidak serta merta mengupas tanah penutup, mengambil bahan galian, dan membiarkan begitu saja. Namun, kaidah ini juga mengajarkan bahwa operasi penambangan yang baik juga turut mementingkan kesejahteraan lingkungan dan alam maupun kesehatan dan kesejahteraan penduduk lokal. Kita bisa melihat circle kaidah Good Mining Practice.

Dalam pelaksanaan kaidah Good Mining Practice oleh setiap perusahaan tambang harus turut memperhatikan 6 aspek penting. Diantaranya adalah :

1. Aspek Perizinan Dan Legalitas Perusahaan Tambang

2. Sistem Eksplorasi, Studi Kelayakan, Eksploitas, dan Pengolahan Bahan Galian yang Baik dan Terencana

3. Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

4. Aspek Lingkungan Hidup

5. Aspek Hak Asasi Manusia atau Hak-Hak Masyarakat Sekitar

6. Aspek Penutupan Tambang atau Pasca Tambang yang Berkelanjutan

Oleh karena itu, kaidah Good Mining Practice sangatlah penting dilakukan oleh setiap perusahaan tambang dalam menjalankan operasi penambangan. Aktivitas penambangan tidak akan dinyatakan sebagai suatu kegiatan yang merusak lingkungan, apabila aktivitas penambangan tersebut dilakukan dengan baik dan benar atau menjalankan kaidah Good Mining Practice dan selanjutnya dapat diimplementasikan dengan penuh kesadaran dan ketelitian, semua pihak yang turut berperan dalam operasi penambangan tersebut juga aktif dan saling melakukan control atau pengawasan. Di samping itu juga diperlukan aturan hokum yang ketat dari birokrat atau pemerintah dan adanya pengawasan dari masyarakat sekitar terhadap perusahaan pertambangan tersebut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *